An Nisa, ayat 11

Allah mensyari’atkan (mewajibkan) kepadamu tentang (pembagian warisan untuk) anak anakmu, (yaitu) bagian seorang anak laki laki sama dengan bagian dua orang anak perempuan (*). Dan jika anak itu semuanya perempuan yang jumlahnya lebih dari dua, maka bagian mereka dua pertiga dari harta yang ditinggalkan. Jika dia (anak perempuan) itu seorang saja, maka dia memperoleh setengah (harta yang ditinggalkan). Dan untuk kedua ibu bapak, bagian masing masing seperenam dari harta yang ditinggalkan, jika dia (yang meninggal) mempunyai anak. Jika dia (yang meninggal) tidak mempunyai anak dan dia diwarisi oleh kedua ibu bapaknya (saja), maka ibunya mendapat sepertiga. Jika dia (yang meninggal) mempunyai beberapa saudara, maka ibunya mendapat seperenam. (pembagian pembagian tersebut di atas) setelah (dipenuhi) wasiat yang dibuatnya atau (dan setelah di bayar) utangnya. (Tentang) orangtuamu dan anak anakmu, kamu tidak mengetahui siapa di antara mereka yang lebih banyak manfaatnya bagimu. Ini adalah ketetapan Allah. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.

(*) Bagian laki laki dua kali bagian perempuan adalah karena kewajiban laki laki lebih berat dari perempuan, seperti kewajiban membayar maskawin dan memberi nafkah (lihat An Nisa (4) ; 34).

Gallery | This entry was posted in An Nisa (Wanita wanita), Terjemahan Al Qur'an (Bahasa Indonesia). Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s