An Nisa, ayat 23

Diharamkan atas kamu (menikahi) ibu ibumu, anak anakmu yang perempuan, saudara saudaramu yang perempuan, saudara saudara ayahmu yang perempuan, saudara saudara ibumu yang perempuan, anak anak perempuan dari saudara saudaramu yang laki laki, anak anak perempuan dari saudara saudaramu yang perempuan, ibu ibumu yang menyusui kamu, saudara saudara perempuanmu sesusuan, ibu ibu istrimu (mertua), anak anak perempuan dari istrimu (anak tiri) yang dalam pemeliharaanmu (*) dari istri yang telah kamu campuri, tetapi jika kamu belum campur dengan istrimu itu (dan sudah kamu ceraikan), maka tidak berdosa kamu (menikahinya), (dan diharamkan bagimu) istri istri anak kandungmu (menantu), dan (diharamkan) mengumpulkan (dalam pernikahan) dua perempuan yang bersaudara, kecuali yang telah terjadi pada masa lampau. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

(*) Maksud Ibu diawal ayat ini ialah Ibu, nenek, dan seterusnya ke atas dan yang dimaksud dengan anak anak perempuan ialah anak perempuan, cucu perempuan dan seterusnya ke bawah, demikian juga yang lain lainnya. Sedang yang dimaksud dengan “anak anak istrimu yang dalam pemeliharaanmu”, menurut sebagian besar Ulama termasuk juga anak tiri yang tidak dalam pemeliharaannya.

Gallery | This entry was posted in An Nisa (Wanita wanita), Terjemahan Al Qur'an (Bahasa Indonesia). Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s